Selasa, 14 April 2015

8 Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Perawatan Behel



Apakah anda salah satu pemakai behel? Jika benar iya, silahkan simak artikel berikut ini tentang tips perawatan gigi behel.
Berbicara tentang behel, sekarang di-Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini, pengguna behel meningkat. Selain guna merapikan gigi, faktor lain meningkatnya pemakai behel adalah untuk mengikuti trend, sekedar mencoba dan masih banyak lagi. Bagi sebagian orang behel itu menyusahkan karena, membutuhkan perawatan yang rutin dan menyita banyak waktu dalam membersihkannya, sebab jika pemakai behel kurang memperhatikan gigi yang dibehelnya kedepennya dapat merusak kesegaran mulut, menyebabkan timbulnya plak, karang, dan gigi kuning.
 sumber gambar: www.kaskus.co.id
Menurut dokter spesial gigi atau sering disebut Ortodontis yang mendalami behel-membehel mengatakan maksimal waktu yang dibutuhkan sipemakai behel yaitu minimal 1-3 tahun. Ortodontis juga merekomendasikan atau menyarankan perawatan gigi behel harus ekstra seperti yang tertulis diatas. Mau tahu, berikut cara atau tips perawatan gigi yang dibehel:
  
Sikat Gigi Khusus Behel
Menggunakan sikat khusus untuk behel adalah cara yang bagus untuk anda karena sikat ini memiliki bulu sikat yang beda dari sikat bisanya. cara ini memerlukan atau membutuhkan dua kali penyikatan, pertama gigi behel disikat tidak menggunakan pasta gigi atau odol, ini bertujuan agar sisa makanan terlihat jelas dan mudah dibersihkan. Cara kedua, penyikatan sudah menggunakan pasta gigi yang diciptakan khusus untuk gigi behel.

Obat Kumur
Anda bisa menggunkan obat kumur sebelum atau sesudah sikat gigi, ini bertujuan untuk membersihkan gigi atau rongga mulut secara merata dan menyeluruh.

Benang Gigi (dentan Floss)
Anda akan dibekali sebuah benang khusus untuk gigi behel. Benang tersebut lembut dan tidak berbahaya untuk gusi. Caranya cukup bentangkan benangnya terus tarik berulang kali disela-sela gigi sampai bersih.

Konsumsi Paracetamol
Gigi yang baru saja dibehel akan membuat rongga mulut sedikit sakit, seperti gigi ngilu, rahang pegal dan sampai bisa menyebabkan demam. Untuk itu disarankan konsumsi obat paraetamol yang berfungsi sebagai penghilang nyeri.

Wax Orto
Wax orto yaitu sejenis lilin yang diciptakan khusus untuk gigi behel, ini digunakan untuk melindungi bagian mulut dari kawat behel yang bisa melukai gusi dan bagian rongga mulut lainnya.

Konsumsi Vitamin C
Orang yang memakai behel akan rentang terhadap penyakit mulut, sperti sariawan, bibir pecah-pecah akibat goresan kawat behel.

Hindari Makanan Keras dan Lengket
Kenapa harus dihindari, makanan keras dan lengket dapat membuat behel bisa terlepas dari gigi atau bergoyang. Tetapi, anda msih bisa konsumsi makanan keras atau lengket seperti apel, mangga, dsb dengan cara terlebih dahulu dipotong-potong kecil.

Pemeriksaan Teratur
Biasanya pemeriksaan dapat dialakukan satu bulan sekali. Dengan mengontrol gigi behel anda di Ortodintis maka anda bisa melihat kemajuan atau progres gigi anda, dan dapat instruksi lanjutan dari dokter anda.

Itulah tips sederhana yang bisa anda terapkan dalam perwatan gigi behel anda. “Cantik itu tidak harus tersiksa”. Setuju..
Terima kasih juga atas kunjungan anda. Salam sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar