Jumat, 03 April 2015

Manfaat Daun Kelor Terhadap Kesehatan


Pasti anda sering menikmati masakan rumahan yang enak, pengolahannya yang bersih, lauknya berbagai macam sperti tempe, tahu, jengkol dan itu semua hasil masakan orang tua dirumah, pokoknya tiada tanding. Berbicara tentang masakan rumahan, ada tumbuhan yang mungkin sering anda konsumsi, yaitu daun kelor. Tahukah anda daun kelor itu selain rasanya yang unik, ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

sumber gambar: simplelinx.blogspot.com 


Singkatanya, Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah melakukan penelitian terhadap tumbuhan yang bernama latin Moringa oleifera ini dan menemukan bahwa: 

Kandungan potasium pada daun kelor ternyata lebih tinggi ketimbang buah pisang,

Kandungan kalsium pada daun kelor empat kali lebih tinggi dari susu,

Dan vitamin C pada daun kelor tujuh kali lebih tinggi dari jeruk,

Vitamin A pada daun kelor empat kali lebih tinggi dari wortel,

Terakhir, kandungan protein pada daun kelor dua kali lipat dari pada susu.


 Dari perbanding kandungan gizi dan penelitian diatas, daun kelor diberi julukan oleh para ahli yaitu sebagai  
 pohon ajaib atau “miracle tree”.

Selain itu, manfaat daun kelor juga tidak kalah. Dan berikut manfaatnya untuk kesehatan tubuh:

Dapat dijadikan Perawatan Wajah
Bagi anda yang ingin memiliki wajah sehat yang bebas dari flek, anda bisa gunakan daun kelor dengan cara; ambil minimal tiga tangkai daun kelor, tumbuk sampai halus setelah itu oleskan kewajah dan tunggu 30 menit. Untuk dapatkan hasil maksimal lakukakanlah secara rutin.
  
Mencegah Flu
Buah dari pohon kelor terdapat kandungan zat alkaloida morongiona yang berguna untuk meredahkan radang tenggorokan dan flu yang disebabkan oleh virus influena.

Mengobati Sakit Mata
Anda juga bisa mengobati sakit mata anda dengan cara mengendapkan daun kelor yang telah dihaluskan. Selain itu anda juga dapat meminunya secara lansung dengan memasak terlebih dahulu air endapan tersebut.

Mengobati Alergi
Sama halnya dengan mengobat sakiti mata. Cuma letak perbedaanya, daunnya tidak dihaluskan, caranya cuci daun kelor tesebut lalu petik dari tangkai, terus dimasak sampai mendidih. Anda bisa meminumnya secara lansung atau megoleskan air rebusan tersebut kebagian tubuh yang alergi.

Itulah sebagian kecil dari segudang manfaat daun kelor. Terima kasih atas waktu anda, sekian. Assalamu alaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar