Sabtu, 14 Maret 2015

Dampak merokok terhadap kesehatan Tubuh






Tahukah anda bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Orang yang kecanduan merokok mungkin hanya menghiraukan betapa bahayanya merokok bagi kesehatan, baik bagi perokok itu sendiri maupun orang yang dekat dengan si perokok tersebut. Perokok aktif biasanya bisa menghabiskan rokok satu bungkus setiap harinya, tapi kenyataanya satu batang rokok saja sudah bisa mengancam kesehatan anda. Meskipun saat ini belum jelas tentang larangan merokok ditempat umum atau dilingkungan pribadi, bagi perokok ada baiknya untuk segera menghentikan kebiasaan merokoknya untuk membuat harapan hidup anda jadi lebih panjang. Berikut bahaya atau dampak merokok bagi kesehatan :

Dampak Terhadap Rambut
Rokok memperlemah sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit sepeti: lupus erythernatos, penyebab rambut rontok.

Dampak Terhadap Mata
 Merokok dipercaya dapat memperburuk kondisi mata karena perokok mempunyai resiko 40% lebih tinggi terkena katarak, yaitu buranmnya atau memutihnya lensa mata yang menghalangi masuknya cahaya dan menyebabkan kebutaan.

Dampak Terhadap Kulit
Merokok dapat menyebabkan penuaan dini kepada kulit karena merusaknya protein yang berguna untuk berjaga ekstisitas kulit, terkikisnya vitamin A dan terhambatnya aliran darah. Kulit perokok menjadi kering terutama dibibir dan mata.

Dampak Terhadap Pendengaran
Karena tembakau menyebabkan timbulnya flek atau endapan pada dinding pembuluh darah sehingga menghambat laju aliran darah kedalam telinga bagian dalam, perokok dapat kehilangan pendengaran dari yang tidak merokok atau lebih muda kehilangan karena infeksi telinga atau suara yang keras.


Dampak Terhadap Gigi
Rokok mempengaruhi keseimbangan kimia dalam mulut, membentuk flek yang berlebihan, membuat gigi jadi kunig, dan terjadi karies gigi. perokok beresiko kehilangan gigi mereka 1,5 kali lipat.

Dampak Terhadap Sistem Pernapasan
Bahan kimia yang dihisap di asap rokok meransang permukaan sel saluran pernapasan sehingga keluar lendir atau dahak.

Dampak Terhadap Jantung dan Pembuluh Darah
Gas karbon monoksida yang dihisap dari asap rokok akan menurunkan kapasitas sel darah merah mengangkut oksigen yang diperlukan jaringan tubuh atau jantung.
Itulah sebagian kecil bahaya rokok bagi kesehatan anda. Sekian assalamu alaikum wr.wb.


 Sumber: dr.Hj. Musdiawaty HR.RoE, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Kab. Soppeng, Sul-Sel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar